23 September 2018

Mau Bikin Model Perubahan dan Prediksi Penggunaan Lahan? Pake Aja QGIS & MOLUSCE!


Analisis perubahan penggunaan lahan dan penutupan lahan (LULC) memang seperti ‘kagak’ ada ‘matinye’. LULC merupakan cerminan berkembangnya kehidupan manusia itu sendiri, cerminan bahwa selama manusia masih ada di dunia ini maka selama itu pula akan membutuhkan lahan dan membuat terjadinya perubahan LULC, sehingga selalu dinamis dan menarik untuk dibahas dari berbagai aspek.

Berbicara lahan adalah berbicara spasial, dan para ‘penggemar’ dunia spasial atau lebih khusus lagi permodelan LULC sebetulnya sudah sejak lama muncul beberapa metode, teori, ataupun pendekatan yang diciptakan berbagai ilmuwan untuk mencoba menganalisis dan menggambarkan perubahan penggunaan lahan, bahkan tidak hanya sampai di situ saja, namun sampai juga kepada prediksi LULC di suatu masa yang akan datang. Beberapa pendekatan atau metode yang pernah penulis ketahui antara lain Cellular Automata (CA) Markov, Artificial Neural Network (ANN), dan lain sebagainya.

Ada satu aplikasi atau tepatnya tools, yang menurut pengalaman penulis sangat membantu bagi anda yang baru akan atau sedang belajar mengenai perubahan LULC, namanya adalah MOLUSCE (Modules for Land Use Change Simulations) yaitu suatu Plugin tambahan pada QGIS versi 2.x

0 comments:

Post a Comment