30 April 2018

Seri WebGIS : Statistik Kriminal Indonesia Per Provinsi 2016

Keamanan adalah faktor penting atau bahkan mungkin sebuah kebutuhan dasar bagi manusia di manapun untuk tetap bisa beraktifitas secara bebas tanpa rasa takut dalam menjalani kehidupannya. Namun demikian karena berbagai faktor selalu saja ada berbagai tindak kejahatan atau kriminal di suatu wilayah, banyak atau tidaknya tindak kejahatan di suatu wilayah dalam kurun waktu tertentu terkadang menjadi patokan apakah suatu wilayah aman atau tidak. Berikut ini Lintas Bumi sajikan beberapa data statistik dari buku Statistik Kriminal 2017 yang secara resmi dipublish oleh BPS dalam bentuk peta WebGIS.
Kejadian Kriminal
Pada tahun 2016 Kepolisian RI mencatat terjadi 357.197 kejadian kriminal yang dilaporkan di seluruh Indonesia, di mana DKI Jakarta (Polda Metro Jaya) tercatat merupakan yang tertinggi kejadiannya dengan 43.842 kejadian, sedangkan yang terkecil adalah di Maluku Utara dengan 1.096 kejadian.
Peta Statistik Kejadian Kriminal 2016


Grafik kejadian kriminal yang dilaporkan tahun 2016
Keterangan :
Sulawesi Barat dan Kalimantan Utara belum tercatat, masih tergabung dengan Polda Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur pada tahun 2016.

Crime Rate 2016
Namun demikian jumlah kejadian kriminal yang dilaporkan ternyata tidak berbanding lurus dengan angka resiko terkena kejahatan atau lebih dikenal dengan Crime Rate yang dihitung dari kejadian kriminal per 100.000 penduduk. Crime rate memang dipengaruhi oleh jumlah penduduk, karena walaupun kejadian kriminalnya banyak namun karena penduduknya juga banyak maka rate atau rasionya bisa saja jadi kecil.

Crime rate tertinggi di Indonesia tahun 2016 ternyata berada di Wilayah Provinsi (Polda) Papua Barat dengan 396, sementara DKI Jakarta (Polda Metrojaya) justru berada di urutan 15. Sedangkan Crime Rate terkecil dipunyai oleh Jawa Tengah dengan 39.
Peta Crime Rate 2016


Grafik crime rate 2016

Keterangan :
Sulawesi Barat dan Kalimantan Utara belum tercatat, masih tergabung dengan Polda Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur pada tahun 2016.


Sumber data:
Statistik Kriminal Indonesia 2017, Badan Pusat Statistik / POLRI

0 comments:

Post a Comment