12 May 2013

Cina Akan Membangun Gedung Tertinggi Di Dunia Hanya Dalam Waktu 90 Hari, Serius..!!??

Menurut para insinyurnya, ini akan menjadi gedung pencakar langit tertinggi di dunia pada akhir Maret 2013. Namanya Sky City, tingginya 2.749 kaki (838 meter), mempunyai 220 lantai, akan menjulang hanya dalam 90 hari di kota Changsha, di tepi sungai Xiangjiang. Sembilan puluh hari !
Ini bukan lelucon. Menurut perusahaan konstruksi, gedung pencakar langit ini akan dibangun hanya dalam 90 hari, pada kecepatan membangun yang luar biasa, lima lantai per hari!. 
Sulit untuk percaya, tetapi mereka mengklaim bangunan ini telah dirancang oleh beberapa insinyur yang sebelumnya bekerja di Burj Khalifa. Mereka juga merupakan perusahaan yang sama yang sebelumnya telah membangun penuh sebuah gedung 30 lantai hanya dalam 15 hari saja! yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian, juga di Cina.Pekerjaan pondasi mulai pada akhir Nopember 2012, setelah pemerintah Cina memberikan izin mendirikan bangunan untuk proyek tersebut.
Mereka akan mampu mencapai tingkat pembangunan yang mustahil cepat ini dengan menggunakan teknologi modular prefabrikasi dikembangkan oleh Broad Sustainable Building, sebuah perusahaan yang telah membangun 20 struktur tinggi di Cina sejauh ini, termasuk bahwa hotel berlantai 30 yang tadi. Sepertinya setiap lantai akan dirakit di pabrik seperti mobil, lalu diangkut ke lokasi gedung yang akan dibangun !Karena mereka membangun hotel itu, perusahaan telah menyempurnakan teknologi mereka, mereka sekarang mengklaim akan mengubah proyek mereka menjadi gedung pencakar langit tertinggi di dunia hanya dalam waktu tiga bulan. Itu berarti lima lantai per hari, yang tampaknya kurang masuk akal. Menurut Construction Week Online, perusahaan ini sangat serius tentang hal itu. VP senior Broad Group, Juliet Jiang, secara terbuka mengatakan bahwa mereka "akan berjalan seperti yang direncanakan, dengan lima lantai sehari."


Sejumlah rekor 
Berbeda dengan Burj Khalifa, menara ini akan banyak digunakan sebagai hunian. Tingginya 2.749 kaki (838 meter). Bandingkan dengan Burj Khalifa yang tingginya hanya 2.719 kaki (829 meter), sudah mencakup puncak menara di atas, dengan total 163 lantai.Sky City akan menggunakan 220.000 ton baja. Gedung ini akan dapat dihuni 31.400 orang, baik dengan pengasilan tinggi dan rendah. 
Perusahaan ini juga mengatakan area perumahan akan menggunakan 83 persen bangunan, sedangkan sisanya akan menjadi kantor, sekolah, rumah sakit, toko-toko dan restoran. Orang-orang akan bergerak naik dan turun menggunakan 104 lift kecepatan tinggi.Angka-angka rekor ini tidak berhenti di situ: di samping pembangunan 90 hari (bertentangan laporan media China sebelumnya yang menyebutkan akan memakan waktu 210 hari), perusahaan mengklaim biaya yang dikeluarkan untuk pembangunannya adalah $ 1.500 per meter persegi, bandingkan dengan Burj Khalifa yang membutuhkan dana $ 15,000 per persegi meter, semua berkat teknologi prefab tersebut.
Mereka juga mengklaim bangunan ini akan mampu bertahan dari gempa berkekuatan 9,0, dan tahan api  "sampai tiga jam," berkat adanya untuk isolasi termal yang efisien, empat menyorot jendela dan teknik pendingin udara yang berbeda, yang sudah digunakan dalam konstruksi mereka sebelumnya.
Tampaknya ini seperti dongeng, meskipun kepercayaan diri perusahaan tampaknya cukup tinggi dan serius.  Mereka telah membangun sebuah hotel 15 lantai dibangun dalam 48 jam pada tahun 2010, lalu sebuah menara 30 lantai dibangun dalam 15 hari pada tahun 2011. Setelah Sky City, seperti diucapkan Zhang Yue, CEO perusahaan ini, mereka telah memiliki rencana yang lebih ambisius lagi di depan: “Sebuah bangunan yang akan berdiri penuh setinggi 2 kilometer”.
Namun mengutip dari situs Worldcenter.me, dari rencana pembangunan yang akan dimulai Januari 2013 dan selesai Juni 2013, ternyata sampai saat ini belum ada kegiatan pembangunan di lokasi tersebut.  Apapun itu, kita tunggu saja !
Kira-kira lokasi gedungnya akan di sekitar sini : 


0 comments:

Post a Comment