13 May 2013

Barneo, "Hunian" Paling Utara Di Bumi

Tahukah kita di mana 'tempat manusia' paling utara di bumi ini?
Tempat paling utara di muka bumi ini adalah Barneo, yang merupakan bagian dari wilayah Rusia. Tempat ini bukanlah sebuah pemukiman apalagi dihuni penduduk, tapi merupakan sebuah camp atau tempat persinggahan bagi orang-orang yang biasanya ingin ke titik kutub utara.

Tempat ini sebenarnya boleh dibilang "tidak ada", kenapa?  karena sebenarnya berada di atas es yaitu laut Arctic di wilayah Rusia yang membeku, uniknya lagi tempat ini hanya muncul selama 40 hari saja dalam setahun (wow...!), biasanya dari akhir bulan Maret sampai awal Mei.

Karena bukan tempat permanen biasanya pas muncul, hanya berupa tenda-tenda saja yang berada di sana.  Sebenarnya tempat ini adalah tempat singgah untuk penelitian yang didirikan oleh Russian Geographic Society, namun pada perkembangannya menjadi tempat wisata yang sangat favorit di dunia karena keekstrimannya ini.  Saking ekstrimnya, koordinat GPS saja selalu berubah setiap detiknya di sini.

Barneo kadang disebut juga 'hotel' paling utara di dunia, bahkan selain turis, penggemar ski, dan peneliti, banyak juga selebriti dunia yang pernah 'berwisata' di sini antara lain Pangeran Albert II dari Monaco dan Pangeran Harry dari Inggris.  Hotel ekstrim ini kadang bersuhu sampai -30°C (wajar aja di Kutub !), dan bagi yang berminat 'nginep' di sana siapin aja doku sebesar 10.000 - 30.000 euro (itung aja sendiri berapa rupiah :-) !).  Wajar aja karena untuk bisa ke sana saja hanya bisa ditempuh pakai pesawat dari Rusia.

Berikut ini penampakan lokasi Barneo pada Google Map, berdasar dari Wikipedia Barneo berkoordinat  pada 89°31.5′ Lintang Utara dan 30°27' Bujur Barat.  Jangat kaget kalau adanya di laut !! 


Lihat Barneo di peta yang lebih besar

by:wajah bumi @2012

0 comments:

Post a Comment