Bogor dan 3 Kota Lainnya Di Dunia Menjadi "Green City"

Dalam Konferensi Perubahan Iklim Negara Muslim di Kota Bogor pada 9-10 April mendatang, empat kota akan mendeklarasikan sebagai Kota Hijau Lestari atau Green City atau Al Khaer. Keempat kota tersebut adalah Kota Bogor (Indonesia), Madinah (Saudia Arabia), Sale (Maroko), dan Sanaa (Yaman).

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Humas Pemko Bogor, Selasa (6/4/2010) dijelaskan, kepastian akan rencana pendeklarasian empat kota hijau tersebut disampaikan ketua panita konferensi tersebut, Ismi Hadah, Senin lalu di Jakarta.

Agenda lain dalam konferensi itu adalah pembahasan perubahan iklim dan aksi yang dapat dilakukan umat Islam sedunia dan pembentukan Asosiasi Masyarakat Muslim untuk Aksi Perubahan Iklim (Muslim Association for Climate Change/MACCA).

Peserta konferensi yang hadir berasal dari negara Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Malaysia, India, Afrika, Saudia Arabia, Iran, Kuwait, Mesir, Inggris, Prancis, Amerika Serikat, Spanyol, Filipina, dan tuan rumah Indonesia.

Konferensi ini merupakan agenda lanjutan dari deklarasi Rencana Tujuh Tahuan aksi Muslim untuk Perubahan Iklim atau Muslim Seven Year Action Plan for Climate Change (M7YAP), kata Ismid, sebagaimana dikutip dalam rilis tersebut.

Berkaitan dengan akan berlangsung konferensi itu di Kota Bogor, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Bogor Indra Roseli selaku panitia lokal menyatakan Pemkot Bogor siap menjamu peserta konferensi dari macan negara muslim tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi setiap keinginan dan dukungan kepada Kota Bogor menuju Kota Hijau Lestari," katanya.


Sumber : Kompas.com

Comments