14 April 2018

Download Peta Land System (Peta Sistem Lahan) Format Shp


Konsep  sistem  lahan  (land  system)  diperkenalkan oleh Christian dan  Stewart  (1968)  didasarkan  pada prinsip ekologi dengan menganggap ada hubungan  yang  erat  antara  tipe  batuan, hidroklimat, landform, tanah, dan organis-me. Sistem lahan yang sama akan mempunyai  kombinasi  faktor-faktor  ekologi atau lingkungan yang sama. 

Oleh karena itu, sistem lahan bukan merupakan sesuatu yang unik untuk satu tempat saja (spesifik lokasi), tetapi dapat dijumpai di mana pun dengan  karakteristik  lingkungan  yang sama.  Lebih  lanjut  dikemukakan  bahwa satu  sistem  lahan  terdiri  atas  satu  kombinasi batuan induk, tanah, dan topografi, dan  hal  ini  mencerminkan  kesamaan potensi dan faktor-faktor pembatasnya (Suharta, 2007).

Bisa dikatakan land system adalah  suatu  informasi  spasial dari  suatu  sistem  lahan  yang  dibangun  atau  disusun berdasarkan  faktor/kelompok  geologi   dan  proses pembentukannya  beserta  pengaruh  iklim  yang  ada diatasnya,  sehingga  menghasilkan  suatu  unit  lahan dimana  mempunyai  parameter iklim,  geologi,  tanah, topografi  yang  dianggap  sama/  homogen,  sehingga dengan demikian keseluruhan  faktor  yang  menyusun unit tersebut memberi pengarah yang  sama terhadap pertumbuhan  organisme  yang  ada  di  atasnya (Achmad, 2002).

Di Indonesia sendiri land system banyak dikenal melalui peta RePPProT (Regional Physical Planning Program for Transmigration, yaitu suatu kegiatan yang dilaksanakan antara tahun 1984 – 1990 serta pada tahun 1980-an, dalam rangka menunjang pengembangan transmigrasi. Kegiatan itu dikerjasamakan antara Direktorat Bina Program, Dirjen Penyiapan Pemukiman Departemen Transmigrasi, dengan Land Resources Departement ODNRI-ODA. Sejak itu dimulailah kegiatan pemetaan sumberdaya lahan untuk seluruh Indonesia pada skala l : 250.000. Kegiatan pemetaan yang kemudian dikenal sebagai proyek RePPProT (Regional Physical Planning Programme for Transmigration) ini, menerapkan konsep Sistem Lahan yang bersumber pada konsep Sistim Lahan CSIRO (Christian dan Stewart, 1968). 

Bagi yang sedang membutuhkan peta sistem lahan atau land system Indonesia dalam format shp skala 1 : 250.000 silahkan anda bisa unduh melalui peta di bawah ini, kami membaginya per provinsi, tidak per indeks seperti aslinya. Walaupun sifatnya atau skalanya masih global namun dikarenakan belum tersedianya peta sistem lahan dalam format yang lebih detail versi terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah, data tersebut masih bisa digunakan. Silahkan klik warna merah pada provinsi yang dimaksud dan klik unduh. Belum semua provinsi ada peta sistem lahannya, saat ini baru ada untuk Sumatera, sebagian Jawa dan sebagian Kalimantan.

Peta akan muncul antara 5 - 10 detik !

Legenda

No comments:

Post a Comment