Trik Meningkatkan Trafik Blog Bagi Pemula

, , No Comments
Bagi anda yang baru terjun ke dunia per-blog-an, tantangan atau hal yang paling mendasar pertama biasanya adalah bagaimana supaya blog yang anda buat segera dikenal atau populer, serta banyak dikunjungi. Hal itu tentu saja tidak salah dan sangat manusiawi. Namun untuk sampai ke sana tentu saja anda perlu sedikit kerja keras dan lebih kreatif tentunya.

Berikut ini lintas bumi rangkum dari beberapa situs lain mengenai beberapa hal mendasar yang bisa anda lakukan untuk mencoba meningkatkan popularitas dan trafic situs blog anda.

1.       Membuat judul postingan lebih menarik
Judul posting bisa menjadi penentu pada artikel itu sendiri, semakin menarik judul maka semakin akan tertarik dan penasaran untuk membukanya. Selain itu judul posting juga mempengaruhi artikel anda dalam pencarian di search engine, optimasi kata kunci yang tepat untuk memaksimalkan hasil pencarian.

2.       Membuat artikel yang berkualitas
Pada dasarnya pengunjung blog mencari sumber atau artikel yang lengkap, pihak google sendiri menyarankan membuat artikel yang relevan dengan penjelasan dan keterangan yang memadai. Untuk jumlah (panjang) standar artikel yang baik minimal adalah 300 kata.
Anda bisa juga membuat artikel  pilar lebih dari 300 kata, asalkan artikel tersebut relevan dengan topik atau judul posting. Artikel pilar bisa menjadi penguat pada blog anda, terutama di mesin pencari.

3.       Membidik long tail keyword
Lakukan riset kata kunci yang tepat, anda bisa menggunakan google keyword planner utnuk menguji kata kunci yang banyak di cari, gunakan long tail keyword (kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata) dengan jumlah pesaing yang sedikit. 

4.       Promosikan blog anda
Setelah membuat artikel jangan lupa mempromosikan blog anda, salah satu yang paling mudah adalah melalui media sosial. saat ini banyak media sosial yang bisa kita manfaatkan untuk sharing artikel kita, trafik pengunjung yang melimpah juga bisa kita peroleh dengan cara ini.

5.       Perhatikan kecepatan blog
Kaji ulang kecepatan blog anda, apakah sudah memenuhi standar kecepatan yang paling maksimal. Kecepatan blog bisa di pengaruhi beberapa hal, terutama penggunaan template yang baik dan benar.
Jika anda menggunakan jasa hosting yang lambat, segera pindah dan cari hosting yang baru karena hosting yang lambat akan berpengaruh buruk terhadap blog anda. Kecepatan blog berpengaruh juga terhadap peringkat blog anda di mesin pencari dalam hasil pencarian.

6.       Berkomentar di blog orang lain
Berkomentar secara baik di blog orang lain,tujuan utamanya adalah memperoleh perhatian dari pemilik blog agar berkinjung balik ke blog kita, selain itu kita juga memperoleh jumlah backlink (baik dofollow dan nofollow) yang memperkuat kedudukan SERP (Search Engine Result Page) di mesin pencari.

7.       Keep up to date
Maksudnya adalah anda harus konsisten terhadap blog, update secara teratur dengan artikel yang berkualitas akan lebih berpeluang untuk mendapatkan pengunjung. Dari pada aktif sehari, seminggu di terlantarkan.. kecuali blog anda sudah populer.

Jika hal tersebut di atas kita lakukan secara teratur, sedikit demi sedikit kita akan memperoleh trafik  pengunjung, semua hanya membutuhkan kesabaran saja. 

Selamat nge-blog !

0 komentar:

Post a Comment