13 May 2013

Stasiun Amundsen–Scott : Tempat Paling Selatan Di Bumi

Tidak seperti tempat paling utara, untuk tempat paling selatan di dunia yang 'disinggahi' manusia berada tepat di kutub selatan atau Antartika.  Namanya adalah Stasiun Amundsen–Scott. Stasiun ini adalah tempat penelitian ilmiah milik Amerika, dan berada 2.835 meter di atas permukaan laut, dibangun tahun 1956.

Selain keekstrimannya karena berada di daerah es abadi di kutub selatan, tempat ini disinari terus oleh matahari selama 6 bulan tanpa henti dan kemudian 6 bulan berikutnya gelap gulita tanpa adanya sinar matahari terus menerus, setiap tahun.  Biasanya 'siang yang panjang' tersebut dimulai sekitar September sampai Maret.  Lalu pada 'malam yang panjang' suhu yang pernah tercatat bisa mencapai −73 °C.


Uniknya nama  Amundsen–Scott ini bukan berasal dari ilmuwan Amerika, melainkan sebagai bentuk penghormatan kepada Roald Amundsen seorang ilmuwan Norwegia yang pertama mencapai kutub selatan pada Desember 1911, dan Robert F. Scott seorang ilmuwan Inggris yang setahun kemudian juga mencapai kutub selatan bersama timnya.  Kedua orang ini disebut-sebut sebagai manusia pertama yang bisa mencapai Antartika.

Di stasiun ini juga berdekatan dengan tugu di mana titik pusat dari kutub selatan berada yang fotonya ada di bagian atas, yang dibuat oleh seorang berkebangsaan Australia bernama Steele Diggles.

Untuk lokasi di peta, karena berada tepat di kutub selatan maka koordinatnya sudah barang tentu 0° LS dengan koordinat bujur berapa saja :-), dan tanpa harus lihat di Google Map tentunya.

by wajahbumi 2012

No comments:

Post a Comment