22 May 2013

PETA-PETA YANG UNIK BAHKAN TIDAK BIASA (Part 1)

Sebagai orang yang sehari-hari bergelut dengan peta, saya tentu tidak akan aneh dengan segala hal tentang perpetaan.  Namun ketika menemukan dan melihat peta-peta di bawah ini, saya jadi lebih menyadari banyak informasi lain yang unik bahkan bersejarah yang bisa diceritakan lewat peta.

Peta sejatinya adalah media untuk menginformasikan lokasi, namun ternyata selain itu bisa juga dijadikan sebagai media mengekspresikan pikiran dan pandangan, bahkan sebagian bertema satir / satire.  Satire adalah gaya bahasa untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan atau seseorang.

Peta-peta di bawah ini dibuat di Eropa, yang menggambarkan kondisi wilayah tersebut pada saat dibuatnya peta tersebut.  Peta-peta tersebut keluar dari pakem ilmu perpetaan yang selama ini saya ketahui atau pernah lihat, tapi kekuatan informasinya terasa lebih kuat.  Yuk kita lihat.

1. Pandangan Amerika Serikat Terhadap Eropa
spottedbylocals.com
2. Negara Di Dunia Berdasarkan Ukuran P***s
hypeseek.com
3. Pengguna Social Network Dunia
hypeseek.com
4. Indonesia Dibandingkan Eropa
Indonesia adalah negara yang luas, jika peta Indonesia dimasukan ke dalam peta Eropa maka panjangnya sudah melebihi jantung Eropa bahkan (mungkin) mencakup lebih dari 10 negara Eropa.
lintasbumi
5. Europe in the shape of a queen (Abad 16)
wikimedia.org
wikimedia.org
Peta kiri : peta tua dari Eropa dalam bentuk ratu (Inggris ??) yang sedang memegang tongkat dan bola, dengan Portugal sebagai mahkotanya, Spanyol sebagai wajahnya, Perancis sebagai area di bawah lehernya, di bawahnya lagi Jerman dan Denmark sebagai lengan kirinya, Italia sebagai lengan kanannya (dengan Sisilia sebagai bola), dan sisanya dari Eropa tengah dan timur sebagai gaun menutupi dada dan kakinya. 

6. Satir Eropa Abad 19
Peta ini merupakan peta satir dari Perancis tentang situasi Eropa pada tahun 1870.  Britannia (Inggris) yang penuh kemarahan kepada Irlandia.  Spanyol yang merokok sedang menindih Portugal yang miskin.  Prancis yang akan memukul Prusia (yang sedang melakukan invasi), di mana tangan kanannya menyentuh Holland (Belanda) sedangkan tangan kirinya memegang Austria.  Italia sedang berkata pada Bismark," Angkat  Kakimu” . Corsica dan Sardinia si Joker kecil sedang tertawa melihat sekelilingnya.  Denmark kehilangan kakinya di Holstein dan berharap untuk merebutnya kembali.   Turki Eropa yang sedang menguap dan baru bangun (tidur??).  Turki Asia sedang menghisap (cerutu) Hookah nya.  Swedia seekor Panther yang terikat.   Rusia sedang menunggu kesempatan untuk mengisi keranjangnya. 

wikimedia.org
7. Serio-comic war map (tahun 1877)
wikimedia.org
8. Putin Gurita Rusia
toonpool.com
9. Luas Benua Afrika dibanding China, Amerika, dan Benua Eropa
blogspot.com
10. Dunia dalam pandangan (presiden) Ronald Reagan
crossthebreeze.files.wordpress.com
----- bersambung



No comments:

Post a Comment