21 May 2013

Berapa Sih Gaji Pegawai Perminyakan Di Dunia ??


Gonjang-ganjing akan naiknya harga BBM di Indonesia saat ini tentu ada kaitannya dengan industri di bidang migas.  Industri minyak dan gas merupakan salah satu bidang kerja favorit incaran lulusan perguruan tinggi karena dikenal memberikan pendapatan yang memadai bahkan lebih.
Minyak dan gas merupakan kebutuhan primer dan komoditas ekonomi yang sangat tinggi nilainya di dunia ini, berbagai bidang pasti membutuhkan energi yang diperoleh dari minyak dan gas baik langsung maupun tidak langsung.
Industri-industri minyak dan gas adalah yang akan paling menikmati keuntungan dari naik turunnya harga minyak dan gas.  Mereka terkenal memberikan kompensasi yang tinggi untuk para pekerjanya baik berupa gaji, bonus, tunjangan, atau fasilitas lainnya di semua level pekerja.
Berikut adalah 10 negara industri minyak di dunia yang memberikan gaji tertinggi seperti dilansir dari laporan tahunan HAYS OIL & GAS tahun 2012.  Berapakah peringkat Indonesia ??
1. Norwegia
Negara ini memang dikenal sebagai negara dengan tingkat ekonomi paling sejahtera sekaligus pajak tertinggi di dunia, pendapatan perkapita US $ 55.300 (Rp. 514 juta).  Perusahaan minyak di negara ini merupakan salah satu sektor penyumbang kesejahteraan negara ini. 
Setiap tahun rata-rata pegawai perminyakan di Norwegia menerima pendapatan sekitar US $ 180.300 atau sekitar Rp. 1,67 milyar (kurs Rp. 9.300/US $), jika di bagi 12 bulan maka mereka menerima gaji rata-rata Rp. 139,7 juta.
2. Australia
Benua kanguru ini merupakan negara ke 4 dengan tingkat ekonomi paling sejahtera di dunia, namun dalam hal menggaji pegawai industri minyaknya yang kaya negara ini terbilang royal dan merupakan peringkat kedua setelah Norwegia.  Dengan rata-rata pendapatan per kapita US $ 42.400 (Rp. 394 juta), perusahaan minyak di Australia menggaji karyawannya rata-rata US $ 164.000 setara Rp. 1,52 milyar) setahun, atau rata-rata Rp. 127,1 juta.
3.  Brunei
Tak salah sultan Brunei masuk menjadi jajaran orang terkaya di Dunia, karena negara kaya minyak ini untuk pegawai industri minyaknya memberikan gaji US $ 140.500 pertahun atau setara Rp. 1,3 milyar, atau rata-rata mereka akan menerima Rp. 108,8 juta per bulannya.
4. Belanda
Industri minyak dan gas di Belanda dalam satu tahun rata-rata memberikan gaji kepada karyawannya sebesar US  $ 138.500 atau setara Rp. 1,28 milyar.  Jika anda bekerja di perusahaan minyak di negara ini anda akan mendapat gaji sekitar Rp. 107,3 juta per bulannya.
5. Kanada
Negara yang berbatasan dengan kutub utara ini mempunyai industri minyak dan gas yang cukup prospektif, dengan rata-rata pendapatan pegawainya US $ 128.700 (Rp. 1,19 milyar) per tahunnya, yang setara dengan gaji Rp. 99,7 juta per bulannya.
6.  Amerika Serikat
Negara Paman Sam ini merupakan penghasil minyak dan gas yang besar di Dunia, dan para pegawai di industri minyak dan gas tersebut rata-rata memperolah pendapatan per tahun US $ 124.000, yang berarti mereka digaji perbulan sebesar Rp. 96,1 juta atau 1,15 milyar per tahunnya.
7.  Brasil
Selain terkenal dengan sepak bola dan bintangnya yang terkenal seperti Ronaldo, Ronaldiho, dll., Brasil juga dikenal sebagai negara kaya minyak di Amerika Latin.  Sektor minyak dan gas di Brasil rata-rata memberikan gaji setahun sebesar US $ 119.600 bagi para pegawainya, atau setara Rp. 92,6 juta perbulannya, yang berarti mereka dalam setahun bisa mengumpulkan pendapatan sebesar 1,11 milyar.
8. Selandia Baru
Beribu kota di Wellington, negara kepulauan di sebelah timur Australia ini termasuk negara dengan pendapatan penduduk tinggi sekitar US $ 28.800 per kapita.  Untuk gaji di industri minyak dan gas ternyata pendapatan pegawainya dalam setahun sebesar US $ 116.500 atau Rp. 1,08 milyar.  Para pegawai di sektor ini di Selandia Baru akan memperoleh pendapatan sebesar rata-rata Rp. 90,2 juta perbulannya.
9. Denmark
Bangsa Denmark atau dikenal sebagai Viking, mempunyai negara yang tingkat ekonominya salah satu yang top di Eropa, dengan rata-rata pendapatan per kapita US $ 37.700.  Namun di industri minyak dan gas, para pegawai industri ini di Denmark mempunyai pendapatan US $ 106.300 atau sekitar Rp. 988.59 juta setahun, yang setara dengan gaji Rp. 82,3 juta per bulannya.
10. Saudi Arabia
Di urutan ke sepuluh adalah Saudi Arabia, negara ini sudah sangat terkenal sebagai negara kaya minyak.  Sebagai catatan Saudi Arabia adalah negara yang mempunyai cadangan minyak terbesar dunia saat ini yaitu mempunyai 262,7 Milliar barrel, menurut data worldfact book nya CIA, estimasi untuk tahun 2005.  Dengan demikian, Saudi Arabia sendiri mempunyai hampir 20% dari total Minyak Dunia.  Dengan cadangan minyak yang super banyak tersebut, maka wajar juga Saudi Arabia menjadi negara dengan produksi minyak terbesar didunia yaitu sebesar 9,475 Juta barrel per hari.
Pegawai sektor minyak di sini rata-rata dalam setahun mempunyai pendapatan sekitar US $ 102.900 atau sekitar Rp. 956,97 juta.  Mereka rata-rata akan mendapat gaji sebesar 79,7 juta perbulannya.
Lantas bagaimana dengan Indonesia ??  Menurut daftar tersebut, Indonesia berada di urutan ke 32 untuk besaran gaji di sektor minyak dan gas, dengan rata-rata per tahun US $ 45.500 atau setara Rp. 418,5 juta.  Maka rata-rata pegawai sektor migas di Indonesia memperoleh gaji sebesar Rp. 34,8 juta per bulan. 
Hal tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya (selain Brunei) seperti Singapura (urutan 13), Vietnam (urutan 29), Malaysia (urutan 30).  Indonesia sedikit lebih baik dibandingkan Thailand (urutan 37) dan Filipina (urutan 41). 
So tertarik kerja di sektor migas ???

-----
Jangan lupa kalau mau copas cantumin alamat blog ini ye..... tengkyu

No comments:

Post a Comment